Sistem Pendidikan Ausbildung di Jerman

Sistem Pendidikan Ausbildung di Jerman

(Andre, mengikuti Program Ausbildung, sejak Agustus 2017)

Program Ausbildung di bidang Perhotelan adalah program sekolah sambil bekerja selama 3 tahun di Jerman. Program ini adalah untuk usia minimal 18 tahun dan maksimal 33 tahun pada saat apply Visa di Kedutaan Besar Jerman di Jakarta. Program ini bukan program mencari uang, melainkan program pendidikan sambil bekerja. Yang paling penting adalah pendidikannya.

Bagi hotel di Jerman tidak penting apa latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja para peserta. Mereka ingin mendidik sendiri dari nol. Karena mereka hanya mengakui kualitas pendidikan mereka sendiri. Yang mereka minta hanya terjemahan ijazah SMA/ SMK. Dan paling penting mereka menuntut pengetahuan bahasa Jerman baik lisan maupun tulisan, semangat bekerja dan berjuang, mental baja, etika dan keramahtamahan.


UANG SAKU

Di Jerman, program ini diawasi oleh pemerintah. Oleh karena itu, pemerintah yang menetapkan jumlah gaji yang cukup hanya untuk membiayai hidup peserta secara SEDERHANA. Pemerintah menetapkan jumlah gaji adalah EURO 650,-/bulan. Jumlah itu dianggap pemerintah Jerman cukup untuk membayar pajak, asuransi kesehatan, akomodasi, biaya makan, transportasi, dll. Untuk mendapatkan uang lebih adalah dengan bekerja lembur di hari libur di hotel atau dari pembagian tip.

AKOMODASI DAN BIAYA

Akomodasi dan biaya setiap negara bagian di Jerman berbeda peraturan tentang akomodasi dan biaya makan yang ditetapkan oleh pihak hotel. Ada hotel yang menagih biaya akomodasi antara Euro 30,-/ bln sampai dengan Euro 200,-/bulan. Tapi ada juga hotel tidak menagih biaya apapun. Biasanya 1 kamar ditempati oleh 2- 3 peserta.

Tentang biaya makan, ada hotel yang menagih biaya makan ketika praktek kerja berlangsung di hotel, ada juga yang tidak menagih biaya apapun. Yang jelas, kalau ada potongan dari hotel, sisa uang yang dipegang oleh peserta tidak boleh di bawah Euro 300,-/ bulan. Dari jumlah itu pun masih harus mengeluarkan biaya untuk makan sehari- hari, transportasi dll. Pemerintah Jerman tidak sembarangan menetapkan jumlah tersebut karena dianggap cukup memenuhi kebutuhan dasar.

 

Di setiap negara berbeda peraturannya. Sekolah berada di luar hotel. Pihak hotel wajib mendaftarkan peserta ke sekolah. Ada negara bagian yang menetapkan 2 hari sekolah dalam seminggu. Berarti sistemnya praktek kerja 3 hari dalam seminggu, 2 hari sekolah, dan 2 hari libur. Ada negara bagian dimana pendidikan di sekolah berlangsung dari Senin – Jumat selama 2 minggu berturut- turut. Berarti sistemnya 2 minggu sekolah dan kemudian 2 minggu bekerja. Biasanya bekerja pada akhir pekan dan bukan pada hari biasa.

JURUSAN PENDIDIKAN DI HOTEL

Pendidikan yang ditawarkan di hotel pada umumnya adalah management perhotelan, management restaurant dan koki. Yang paling banyak dibutuhkan adalah jurusan koki dan management restaurant, jurusan hotel management sangat sedikit dibutuhkan.

BEKERJA DI JERMAN

Setelah menyelesaikan pendidikan selama 3 tahun di Jerman, pihak hotel mengharapkan peserta bekerja disana. Tapi itu bukan suatu keharusan. Para peserta boleh melamar ke hotel lain. Jerman krisis tenaga kerja di bidang Perhotelan dan Keperawatan. Oleh karena itu program ini ditawarkan ke banyak negara di dunia.

Probezeit (masa percobaan di Jerman

 

Probezeit biasanya berlangsung slm 3 bulan. Selama 3 bln, Betrieb atau Arbeitgeber berhak kündigen kalian bila dianggap tdk bagus bekerja dan sekolah dan termasuk attitude.

Hal2 yg membuat kalian bisa di-kündigen (diberhentikan) :

  1. Bolos ke sekolah

Kalian itu bekerja 3 x seminggu slm 8 jam per hari. Tp nantinya di Vertrag tertulis 40 jam, krn sekolah dianggap bekerja. Sekolah berlangsung 2 hari x 8 jam per hari. Artinya, bila kalian bolos sekolah, berarti kalian hrs bekerja. Kalau libur sekolah, kalian hrs tetap datang kerja. Bekerja menjadi 5 hari dlm seminggu. Peraturan ini bkn dibuat oleh Arbeitgeber tetapi IHK (Industrie und Handelskammer) suatu kementrian di Jerman yg menaungi kalian. Kalau di Indonesia, ini sprti Kamar Dagang.

  1. Kemampuan bhs Jerman kalian yang tidak meningkat
  2. Tidak disiplin atau suka dtg telat ke sekolah, bekerja atau pertemuan dgn pihak Arbeitgeber
  3. Performa kerja. Bila lamban dlm bekerja, tdk punya inisiatif dan tdk mendengarkan arahan atasan dan hadir dgn pakaian dan tdk rapi atau kotor di tempat kerja.

Jadi Kündigung(diberhentikan) itu tdk tiba2. Ada proses sebelumnya. 

 

Wohnung di Jerman

 

Setiap Betrieb (perusahaan pemberi kerja) akan menyediakan tempat tinggal bagi Azubi (peserta Ausbildung). Ada Betrieb yg mempunyai Personalhaus (rumah utk karyawan), ada Betrieb yg menyewa Wohnung utk Azubi. Semua hrs berbagi kamar, yaitu 2 org sekamar. Misalnya kalau di suatu Wohnung ada 2 kamar tidur, berarti   yg tinggal di Wohnung itu 4 org.

Setiap peserta hrs bayar sewa Wohnung. Itu hrs dilampirkan pihak Betrieb sbg dokumen utk Visumantrag di Kedubes, dan hrs dicantumkan brp yg ditagih utk biaya sewa Wohnung.

Wohnung di Jerman sgt mahal.  Dan bila Betrieb hrs menyewa Wohnung utk Azubi, mrk hrs bayar Kaution (uang jaminan) sekitar Euro 1,000-2,500 Euro. Uang jaminan itu sbg pengganti biaya perbaikan yg dirusak oleh Azubi. Itu sgt mahal dan akan dipotong dari gaji Azubi.

Makanya SETIAP AZUBI hrs benar2 menjaga agar fasilitas di Wohnung itu tdk rusak. Contohnya tmpat duduk toilet. Bila itu tdk dibersihkan secara berkala, tmpt duduk toilet akan berubah warna menjadi kuning, krem atau cokelat. Itu hrs kalian ganti, dan itu sgt mahal.

Makanya pihak Betrieb (PIHAK PERUSAHAAN) akan dtg tiba2 utk memeriksa Wohnung kalian. Apkh ketika berangkat kerja atau sekolah ditinggalkan dlm keadaan rapi dan bersih. Kalau kotor, PESERTA AZUBI akan dpt Minuspunkt.

Maka mulailah hidup bersih dan rapi agar nanti tdk kaget di Jerman. Karena standar kebersihan mrk lebih tinggi drpd kita.

 

 

HOTELFACHMANN/ -FRAU (HOFA)

Ausbildung : 3 tahun

Bekerja di bagian:

– Dapur (mempersiapkan/ memasak makanan simple untuk tamu)

– Restaurant

– Resepsionis

– Housekeeping

– Kantor (mengerjakan pembukuan hotel (akutansi), membalas email2 penting, mendata dan memesan barang2 yang masuk ke dapur dll

Menguasai : Matematika, Computer, English dan Deutsch ( lebih dari level B1)

 

RESTAURANTFACHMANN/-FRAU (REFA)

Ausbildung ; 3 tahun

Bekerja di bagian :

– Restarant

– Bar

– Event

– Kantor (mempersiapkan event2/ seperti Event Organizer, bekerja sama dengan dapur dalam bagian mempersiapkan makanan untuk suatu acara)

Menguasai : Matematika, English, Deutsch dan dibutuhkan orang- orang yang kreatif

 

 

(apa kata mereka klik https://germanmedan.blogspot.com/p/testimoni.html

http://germanmedan.blogspot.com/p/testimoni.html

 

 

Comments (7)

  • Risnawati Kasim Reply

    Saya ingin mengikuti program aushbildung, tp sekang sya lgi bljr bhs jerman. Ternyata aushbildung btas umurnya sampe 33 thn.

    February 27, 2019 at 9:11 am
    • German Education Reply

      iya benar

      July 10, 2019 at 3:22 am
  • Chintya Amandari Putri Reply

    Itu kita juga harus menginap dihotelnya?

    March 15, 2019 at 1:12 pm
    • German Education Reply

      maksudnya?

      July 10, 2019 at 3:21 am
  • Risnawati Kasim Reply

    Klw untuk biaya dan kursus bhs jerman aushbildung keseluruhan brp? Mksih

    September 16, 2019 at 8:11 am
    • German Education Reply

      silahkan WA, saya akan kirim infonya. Nomor WA ada tertera di website

      September 24, 2019 at 1:13 pm
    • German Education Reply

      silahkan hubungi no WA yang tertera di Website y

      February 22, 2020 at 2:20 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Seva Mobil BekasSeva Mobil Bekas